Shalat Berjamaah Praktik Nyata Berlomba-lomba dalam Ketaatan

20031030tarawih_lAllah memerintahkan kita untuk berlomba-lomba dalam hal yang mendekatkan kita kepada keridhaan dan Surga-Nya dengan berbagai amal shalih. Allah berfirman, “Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.” (Al-Muthaffifin: 26). Sehingga, keseriusan seseorang untuk meraih kesesuatu yang mulia merupakan indikator besarnya keimanan dan keyakinannya kepada janji Allah Ta’ala. Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki semangat meraih sebuah kemuliaan, alih-alih memperlombakan untuk meraihnya, merupakan tanda-tanda lemahnya iman.

Mengerjakan shalat berjamaah merupakan salah satu kesempatan bagi setiap muslim untuk berlomba-lomba meraih kemuliaan. Sebab, keutamaan orang yang mengerjakan shalat di shaf pertama tidak sama dengan shaf kedua, dan seterusnya.  Saking bersarnya keutamaan shalai di shaf pertama, Nabi n bersabda,

 لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا

Seandainya manusia mengetahui apa yang ada (yaitu keutamaan) di dalam seruan (adzan) dan shaf pertama, lalu mereka tidak bisa mendapatkan shaf tersebut kecuali dengan undian, sungguh mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya.” (HR. Bukhari 580)

Untuk memacu semangat berlomba-lomba dalam kebaikan, dalam shalat berjamaah yang paling berhak mendapatkan shaf pertama adalah yang paling pertama mendapatnya. Artinya, bila posisi tersebut telah ditempati oleh orang lain, kita tidak diperkenankan untuk merebutnya, sebagaimana yang tertera dalam sabda Nabi n :

لاَ يُقِيمُ الرَّجُلُ الرَّجُلَ مِنْ مَجْلِسِهِ ، ثُمَّ يَجْلِسُ فِيهِ

Tidak boleh seseorang meminta berdiri orang lain dari majelisnya lalu ia duduk di tempat tersebut.” (HR. Bukhari no. 6269 dan Muslim no. 2177).

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menjelaskan, “Siapa yang terdepan mendapatkan shaf, maka dialah yang lebih berhak. Tidak ada selain dirinya lagi yang lebih berhak.” (Syarh Riyadhus Sholihin, V : 107).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: