Jiwa yang Lurus Hari Yang Ridha

525127_553591241328405_1259600759_nDr. ‘Aidh Al-Qarni || Kesedihan takkan mampu mengembalikan sesuatu yang telah hilang. Kekhawatiran takkan pernah mampu memperbaiki masa depan. Kegelisahan takkan mampu mewujudkan kesuksesan. Namun, jiwa yang lurus dan hati yang ridha adalah dua sayap kesuksesan ||

Terkadang kita merasa sedih manakala kehilangan sesuatu, terlebih sesuatu tersebut sangat kita senangi atau kita cintai. Betapa banyak seseorang merasa sangat sedih dan terpukul manakala kehilangan uang, apalagi itu adalah uang yang ia miliki hari itu. Seseorang akan merasa sedih makala seseorang harus kehilangan orang-orang yang ia cintai; ibu, ayah, istri, suami, dan anak-anaknya. Namun, perlu disadari bahwa kesedihan tersebut takkan mampu mengembalikan hal-hal yang telah hilang tersebut. Yang bisa kita lakukan adalah segera bangkit dengan jiwa yang lurus dan hati yang dipenuhi dengan keridhai.

Kekhawatiran dan ketakutan sering kali menghantui seseorang manakala ia memandang masa depan yang menurutnya begitu suram. Saking khawatirnya, kadang seseorang melakukan hal-hal yang sebenarnya itu terlarang dalam Islam. Takut miskin misalnya. Ketakutan seperti ini kadang mendorong seseorang menerjang rambu-rambu syariat, takut tak kebagian rezeki. Padahal, sebagaimana yang telah disampaikan Hasan Al-Bashri, Allah telah menybutkan dalam Al-Quran ada 90 ayat yang menunjukkan bahwa Allah telah menjamin rezeki setiap hamba-Nya.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: