Kala Ayah Menggantikan Posisi Ibu; Sebuah Pengalaman Nyata

Sibuk plus melelahkan. Itulah gambaran yang terbetik dalam benak saya ketika tadi malam berkunjung ke salah satu teman saya. Dia di rumah bersama dengan keempat anaknya yang masih kecil-kecil. Anak pertama baru putri, namanya Aliya, kelas 1 SD. Yang kedua, Faqih, baru kelas TK A. Yang ketiga kayaknya usia 3 tahunan. dan yang keempat baru 6 bulan.
Saya dapat merasakan betapa letihnya sang ayah menemani keempat anaknya. Sebab, sejak siang hari, istrinya bekerja sebagai perawat di dalah satu rumah sakit Islam di Solo. Biasanya kalau siff siang seperti itu pulangnya malam hari. sehingga, semua urusan rumah dan anak-anak diserahkan kepada suaminya.
Boleh jadi, kondisi seperti itu adalah pilihan terbaik bagi mereka berdua. saya tidak tahu pasti. yang bisa saya rasakan, betapa letihnya menjaga anak-anak yang masih kecil dengan berbagai warna warninya. yang satu minta dibuatkan teh hangat. yang satunya minta dibuatkan susu. yang satunya minta digendong.
memang, selain mereka, dirumah juga ada eyang putri. tapi karena kesibukannya pula sebagai penjual nasi liwet menjadikannya tidak punya waktu untuk ikut mengasuh anak-anak. Pagi hari jualan, siang sampai malam sibuk di dapur untuk menyiapkan jualan esoknya.
Dari pengakuan teman saya, lebih baik mencangkul daripada disibukkan dengan pengasuhan anak-anak. memang, tidak tepat juga membandingkan keduanya. mungkin ungkapan itu mengambarkan saking letihnya dalam mengasuk keempat bocah tersebut.
Satu hal yang saya lihat yang mungkin bisa menjadi contoh kaum ayah, dimana pun berada. Kesabaran dalam mengasuh anak-anak. meski terasa berat, teman saya tampak begitu sabar dan telaten dalam mengasuh anak. meski tampak keletihan, tutur katanya tetap menunjukkan seorang yang tegar. semua harus dihadapi dengan senyum.

Leave a Reply

