Keikhlasan dalam Berpuasa

Menyembunyikan amalan merupakan salah cara meraih keikhlasan dalam beribadah. Sebab, pelaakunya hanya ingin dilihat oleh Allah, sebagai Dzat yang menjadi tujuan setiap amalnya dan berharap pahala di baliknya. Di sisi lain, menyembunyikan amalan ini juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk menghindari sifat riyak/pamer yang dapat menodai amalnya.

Dalam menjalankan puasa pun seorang muslim dituntut untuk senantiasa menghadirkan keikhlasan, baik saat berpuasa, saat berbuka, saat shalat tarawih, saat membaca Al-Quran, dan amal ibadah yang lain. Ada satu contoh menraik dari kalangan orang-orang shalih terdahulu, bagaimana ia ingin menyembunyikan amalnya dan mengharap keikhlasan.

Yahya bin Mundah mengatakan, “Aku mendengar ayahku bercerita, “Kami pernah berbuka di bulan Ramadhan di malam yang yang amat panas. Kami makan dan minum, namun saudaraku Abdurrahman makan dan tidak minum. Maka, saat keluar, aku berkata, ‘Di antara kebiasaan saudaraku suatu malam ia berbuka hanya dengan makan, tanpa minum.’ Di malam berikutnya, ternyata ia hanya minum, tanpa makan. Aku tetap menyebarkan dengan mengatakan, “Pada malam itu, ia tidak minum sama sekali.” Di malam berikutnya, ia hanya minum saja tanpa makan. Maka, di malam ketiga, ia bertutur, “Wahai saudaraku, jangan main-main dalam masaalah ini. Terus terang aku tidak tertarik untuk menjadikan engkau seorang pendusta.”

Bahkan, ada di antara mereka mampu berpuasa sekian tahun, sedangkan seluruh keluarganya tidak menyadiri dan mengetahuinya. Hal ini sebagaimana yang dituturkan oleh Al-Falas, bahwasanya ia berkata, “Aku mendengar Ibnu Abi Iddi berkata, “Dawud bin Abi Hindi pernah berpuasa selama40 tahun tanpa diketahui oleh anggota keluarganya.” Sungguh luar biasa usahanya dalam menyembunyikan amalannya guna meraih keikhlasan di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: