Berislam Dengan Baik

Sa’id Al-Khudzri mendengar Rasulullah SAW bersabda :

إِذَا أَسْلَمَ الْعَبْدُ فَحَسُنَ إِسْلَامُهُ يُكَفِّرُ اللهُ عَنْهُ كُلَّ سَيِّئَةٍ كَانَ زَلَفَهَا وَكَانَ بَعْدَ ذَلِكَ الْقِصَاصُ الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ وَالسَّيِّئَةُ بِمِثْلِهَا إِلَّا أَنْ يَتَجَاوَزَ اللَّهُ عَنْهَا  (البخاري)

“Apabila seseorang masuk Islam, lantas ia membaguskan kualitas keislamannya, maka Allah menghapus semua dosa yang dihimpunnya. Sesudah itu barulah diqishash, kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh hingga tujuhratus kali lipat, sedangkan keburukan itu hanya dibalas dengan balasan yang sepadan, kecuali Allah memaafkannya.” (HR. Bukhari)

Lantas, apa makna berIslam dengan baik itu?

Rasulullah SAW, melalui hadits di atas mengingatkan kita agar membenahi kualitas keIslaman kita yang berpotensi menghapus dosa-dosa yang barangkali pernah kita lakukan sebelum kita mengikrarkan diri sebagai seorang muslim. Mungkin di antara kita ada yang masih bertanya-tanya, seperti apakah model berIslam yang baik itu? Apa yang perlu dilakukan untuk mendapatkan kualitas keIslaman yang baik itu?

Ada sebagian ulama berpendapat, bahwa berIslam yang baik adalah dengan mengikhlaskan diri dalam berIslam, artinya menyelaraskan antara apa yang zhahir (yang Nampak) dan yang bathin (yang terpendam). Sebab, hakikat sebuah iman adalah mengikrarkannya dengan lisan, meyakinin dalam hati, serta membuktikannya dalam anggota bada. Ketiga komponen tersebut harus saling berkaitan dan mendukung satu sama lain dan satu suara. Itulah bukti keimanan dan keislaman yang baik.

Ada lagi yang berpendapat, bahwa berIslam yang baik adalah seperti yang pernah disampaikan oleh Rasulullah SAW saat menjawab pertanyaan Jibril AS perihal ihsan. Beliau menjelaskan, bahwa yang dinamakan ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, dan bila engkau tidak mampu melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu. Ini menunjukkan puncak dari keikhlasan kepada Allah Ta’ala dan merasa senantiasa diawasi oleh-Nya (muraqabatullah).

Di antara para ulama ada yang berpendapat bahwa, berIslam yang baik adalah dengan masuk Islam secara hakiki dan sebenar-benarnya. Makna ini diambil dari firman Allah Ta’ala : “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah (2) : 208). Makna kaffah (keseluruhan) menurut banyak mufassir sebagaimana dikutip Ibnu Katsir adalah jami’an (semuanya keseluruhan). Sehingga, ayat ini bermakna, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang Mukmin, yang membenarkan Rasul-Nya, untuk mengambil semua aspek Islam dan syariahnya, mengamalkan semua perintahNya dan meninggalkan semua larangan-Nya, selama mereka mampu mengerjakannya.

Ada yang berpendapat, berIslam yang baik adalah mengiringin iman dengan amal shalih. Artinya, imam seseorang membutuhkan pembuktian, yaitu dengan merealisasikan kandungan iman tersebut. Artinya, iman itu bukan hanya angan-angan kosong, tetapi hakikat iman itu adalah apa yang tertanam dalam hati dan dibuktikan dengan amal perbuatan. Sehingga, seorang muslim yang baik adalah yang benar imannya dan baik amal perbuatannya.

Yang terakhir, berIslam yang baik adalah tidak menjadi munafik. Sebab, orang munafik adalah seseorang yang menampakkan keIslaman, namun memendam kekafiran. Ini sebagai taktiknya untuk mencari aman saja. Kala bersama-sama kaum muslimin, seolah-olah ia seorang muslim. Sebaliknya, ketika ia berkumpul dengan musuh-musuh Islam, maka nampakkan jati dirinya yang sebenarnya. Maka, menjadi muslim yang baik adalah tidak menjadi seorang munafik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: