Memahami Keunikan Anak

YAYA sering kali bertengkar dengan kakaknya, Aisy, entah lantaran rebutan mainan, rebutan jajan, atau hanya sekedar si kakak mengoda saja. Namun, ujung-ujungnya Yaya akan menangis dan mengadu ke saya. Sebagai orang tua tentu kita harus bersikap bijak dalam menghadapi pertengkaran dan pengaduan anak. Jangan sampai ia terlalu menganggapnya sebagai pertengkaran sungguhan. Sebab, sebentar lagi pun mereka akan akur dan bermain bersama lagi.

Ada satu sifat Yaya yang berbeda dengan kedua kakaknya. Ia ingin selalu diperhatikan dan inginnya perhatian kedua orang tuanya tercurah kepadanya. Boleh jadi ini lantaran ia yang paling kecil di keluarga. Sehingga, dalam benaknya seolah-olah dialah yang harus diutamakan dan diperhatikan. Namun demikian, ia akan terlihat sangat perhatian kepada kedua kakaknya. Sering kali ia mengalah untuk mendapatkan perhatian dari mereka.

Bagi saya, setiap anak memiliki keunikan tersendiri dan memiliki sifat yang berbeda dengan yang lain. Keunikkan ini selayaknya menjadi perhatian bagi orang tua agar ia mampu memahami betul karakter dan emosinya. Sehingga, ketika ada sebuah masalah yang menimpa si anak, ia mampu menyelesaikannya dengan bijaksana dan jeli. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: