Memilih Buku Bacaan Yang Tepat Untuk Anak

“Abi kok membacanya dengan diam aja. Kenapa?” Tiba-tiba saja pertanyaan itu terlontar dari anak laki-laki saya. Sebab, selama ini ia membaca buku atau tulisan apa saja yang dia dapat dengan suara keras. Semangatnya membaca buku akhir-akhir ini memang luar bisa. Semenjak bisa membaca, ia akan selalu membaca tulisan apa saja ia temukan, baik setiker yang tertempel di dinding, sobekan koran yang tergeletak di lantai, buku-buku bacaan, majalah, dan apa saja. Bahkan, ketika di jalan dan ada baliho terpampang, ia akan serta merta membacanya dengan suara keras.

Di awal-awal belajar membaca, memang dengan mengeraskan suara akan membantu anak untuk melatih pelafalan huruf, sekaligus memudahkan kita yang mendengarkannya untuk membetulkan atau mengoreksi cara bacanya. Cara seperti ini dinikmati betul oleh anak saya. Ia akan merasa senang apabila saat membaca, saya mendengarkannya, dan sesekali membetulkannya. Tentu dengan cara yang bijak, tidak langsung memotong bacaannya atau dengan suara yang seakan-akan meremehkan kemampuannya.

Untuk merangsang minat baca anak, biasanya saya membelikan buku-buku bacaan anak. Kadang ia memilih sendiri buku apa yang dia minati, atau kadang saya yang memilihkannya. Tapi, bila dia saya ajak ke toko buku, inginnya ia membeli buku kesukaannya. Bagi saya, yang terpenting anak terbiasa dengan membaca dulu. Dengan perjalanan waktu, sedikit-demi sedikit kita arahkan model bacaan yang pas baginya. Hal terpenting saat anak belajar membaca, usahakan ia tetap semangat dan nyaman dengan cara dia membaca. Sebisa mungkin jangan memotong bacaan anak dengan nada ketus atauo menggurui, atau meremehkan kemampuan anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

