Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani -Rahimahullah-; Ahli Hadits dan Ahli Fikih

Buku ENSIKLOPEDI FATWA SYAIKH ALBANI adalah buku terjemahan pertama saya, tepatnya di tahun 2006. Mungkin inilah langkah awal perjalanan saya sebagai seorang penerjemah. Dan langkah awal ini terayun seiring dengan dimulainya babak baru kehidupan saya dan perubahan status saya dari seorang yang lajang menjadi seorang suami.

Dengan berbekal seadanya saya memulai karier ini. Dengan sebuah komputer seken pentium 1 yang kala itu itu saya anggap sebagai barang berharga saya mulai mengayunkan jari2. Yah, dengan bermodal komputer seken itulah saya memulai. Komputer yang saya beli dari uang mahar istri -tentunya atas persetujuan istri dan kerelaannya– saya mencoba marangkai dan menerjemahka buku yang saya rasa sarat hikmah dan ilmu.

Bagi seorang pemula, tentu akan merasakan betapa seusah dan beratnya menerjemahkan sebuah kitab. Meski telah memiliki bekal ilmu Bahasa Arab dan Keislaman, saya tetap merasakan kesusahan dan beban berat saat menerjemahkan buku ini. Kamus Bahasa Arab Indoneisa senantiasa menyertai saya. Itulah senjata utama seorang penerjemah. Tak tanggung-tanggung, kadang saya menerjemahkan buku ini kadang sampai larut malam. Dalam benak saya, saya ingin menghasilkan sebuah karya perdana yang tidak mengecewakan. Semaksimal mungkin saya ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat, baik untuk diri pribadi ataupun masyarakat.

Sebagai penerjemah pemula, bagi yang telah membaca buku ini tentu akan merasakan betapa kakunya bahasa hasil terjemahan saya. Bukan apa-apa, hal tersebut lebih dikarenakan jam terbang saya sebagai seorang penerjemah baru tahap awal, dan tentunya bagi yang membacanya akan lebih memakluminya. Namun demikian, saya tetap merasa puas karena telah mampu memberikan sedikit yang saya bisa untuk orang lain.

Sayang, saat ini saya tidak memiliki hasil terjemahan saya ini. Sebenarnya dari pihak penerbit telah memberikan beberapa eksemplar kepada saya. Namun, semuanya habis saya bagi-bagikan kepada teman-teman, sebagai bentuk sedekah ilmu yang telah saya tuangkan dalam bentuk terjemahan ini.

Dari informasi seorang teman di JKT, buku ini telah mengalami beberapa kali cetak ulang, Alhamdulillah. Artinya, secara umum diterima oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, belakangan buku ini telah dikompilasi dengan naskah lain. Jadi tebal memang, tapi itu malah akan menambah bobot dan kakupan isinya.

Semoga bermanfaat bagi umat, wallahul musta’an.

 

Tagged

Leave a Reply

